Menentukan Fakta dan Opini

Posted by aldi pribadi on 2014/03/01


Di bawah ini ada sebuah laporan, tugas kita adalah menentukan mana yang termasuk Fakta danOpini

         Saat ini Republik rakyat Cina telah menjadi pasar yang semakin peting bagi indonesia. Ini terbukti dalam periode Januari – November 2013 pertumbuhan ekspor nonmigas Indonesia ke RRC adalah yang tertinggi ( 17%) disbanding ke Negara lain, seperti Jepang ( 4,1%), AS (0,8%) ataupun ke seluruh dunia ( 4,25%).
         Sebaliknya, pertumbuhan impor non migas dari cina tercatat 10,6%. Dengan pertumbuhan ekspor yang lebih cepat ini, neraca perdagangan Indonesia dengan Cina juga terus meningkat. Hal ini dilakukan RI dalam meningkatkan kinerja ekspornya ke RRC adalah memilih komoditas yang memiliki peluang besa ekspor cukup ke RRC, misalnya komoditas pertanian dan kehutanan
          Faktor yang mendorong peluang ekspor ke RRC yang begitu lebar ialah pertumbuhan ekonomi negara – negara berkembang di Asia mencapai 6,4 % dengan pertumbuhan tertinggi dicapai RRC sebesar 7,5 %. Selain itu di tahun 2002, Cina merupakan negara di kawasan Asia yang paling banyak menyedot investor asing dengan nilai sekitar US $50 milyar. Cina rata – rata mendapatkan  50% - 60% investasi di Asia dan yang sangat signifikan ialah tersedianya infrastruktur yang memadai.
          Saat ini, yang dapat dilakukan dunia usaha RI dalam meningkatkan hubungan dagang RRC ialah pemerintah dan dunia usaha menggalakkan pendekatan dan upaya promosi Indonesia di Cina. Upaya – upaya promosi yang dilakukan ialah di segala bidang, misalnya di bidang pariwisata, perdagangan, investasi atau budaya.
Sumber : Solopos, 3 Februari 2005

Pembahasan :

Dalam Laporan ditas, paragraph pertama adalah Fakta, karena kita bias lihat adanya data dan waktu yang menunjukkan bahwa peristiwa tersebut telah terjadi, dan tentusaja sudah tidak di ragukan lagi kebenarannya.

Sedangkan paragraph ke dua adalah merupakan opini, kenapa? Karena walapun terdapat data 10,6% namun data tersebut belum tentu kebenarannya, terlebih lagi tidak terapat tahun atau petunjuk bahwa peristiwa itu telah terjad, karena peristiwa meningkatnya neraca perdagangan Indonesia dengan cina itu masih sebuah pendapat atau opini.

Selanjutnya paragraph ke tiga adalah Fakta, karena terdapat petunjuk waktu yang menandakan bahwa peristiwa itu telah terjadi , yaitu tahun 2002. Sehingga tidak diragukan lagi kebenarannya.

Terakhir paragraph ke empat adalah opini, karena paragraph tersebut berisi pandangan atau opini mengenai apa yang dapat ilakukan oleh Indonesia untuk meningkatkan hubungan dagang dengan RRC.

Bagi sobat yang ingin mempelajari lebih banyak mengenai Fakta dan Opini bisa klik POSTINGAN DI SINI

Sekian postingan kali ini mengenai Fakta dan Opini, semoga bermanfaat. Kritik dan saran juga sangat saya tunggu mengingat saya juga masih dalam tahap belajar, siapa tahu jawaban – jawaban saya di atas kurang tepat untuk itu mohon koreksinya.  Bagi sobat yang ingin mendownload Materi nya dalam format POWERPOINT bisa di DOWNLOAD DISINI. 

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment